Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Traffic

Your label here

Tips Dan Cara Diet Bekatul

Written By fals on 6.2.12 | 21.12

Cara Diet Menggunakan Bekatul - Dengan kandungan nutrisi yang ada di dalam bekatul serta mnfaatnya, tentu tidak salah jika bahan makan ini sangat cocok untuk menurunkan berat badan. Tidak sekedar berkurang tapi juga sehat, karena banyak nutrisi yang penting bagi tubuh yang terkandung dalam bekatul. Dan usahakan konsisten pada penurunan ½ kilogram setiap minggunya agar tidak mempengaruhi kerja tubuh. Bekatul ini bukanlah makanan utama, jadi hanya suplemen yang bisa dikonsumsi pada selang waktu antara makan pagi dan siang atau makan siang dan malam. Untuk takaranya tergantung dari masing-masing orang.


Bekatul berbentuk butiran yang tidak terlalu kasar dan memiliki aroma khas serta tidak berasa. Karena itu sebelum dikonsumsi bekatul harus diolah atau dicampuri dengan bahan-bahan lainya.

Cara mengonsumsi bekatul untuk diet:
  1. Dikukus dengan daun pisang
    Aroma alami daun pisang bisa member cita rasa tersendiri untuk makanan, selain itu kandungan nutrisi bekatul juga tidak akan rusak.
  2. Sebagai campuran roti atau makanan
    Agar lebih bervariasi, bekatul juga dapat dijadikan campuran roti atau makanan. Misalnya kue kering atau makanan tradisional yang sudah familiar dengan lidah masyarakat Indonesia. Sebaiknya bekatul tidak dimakan bersama makanan yang memiliki nilai kalori tinggi.
  3. Ditambah perasa
    Jika ingin mengkonsumsi bekatul tanpa makanan yang lain, anda bisa menambahkan flafour rasa apapun. Misalnya manis, asin, atau asam agar enak dikonsumsi.
  4. Dicampur air hangat
    Untuk menjaga stamina, bekatul bisa dikonsumsi dengan melarutkanya dalam air hangat kuku sebanyak satu sendok makan di pagi dan sore hari.

Meki sudah di ketahui kandungan gizi dan manfaatnya, tapi bekatul juga memiliki efek samping. Seperti :
  • Diare
    Diare akan muncul di awal konsumsi, karena kandungan serat yang tidak larut akan menggelontor lemak sehingga tekstur feses cenderung lebih lembek. Dan proses penggelontoran lemak-lemak ini menyebabkan BAB sangat lancer sehingga mirip diare. Tapi kasus ini jarang dan hanya terjadi di awal, setelah itu akan normal. Jika hal ini berlangsung lebih dari 2 hari, sebaiknya konsumsi dihentikan terlebih dahulu.
  • Mual
    Efek mual juga mungkin akan muncul tapi jarang terjadi, biasanya di alami penderita maag. Ini disebabkan produksi asam lambung yang belum stabil. Jika hal ini terjadi sebaiknya konsumsi bekatul dicampuri air, misalnya satu sendok makan bekatul dicampur satu gelas air putih atau dimakan dengan agar-agar.