Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Traffic

Your label here

Cara Mengobati Sariawan

Written By fals on 11.2.12 | 20.51

Tips Mengobati Sariawan - Gejala sariawan berupa rasa sakit atau rasa terbakar satu sampai dua hari yang kemudian bisa timbul luka (ulser) di rongga mulut. Rasa sakit dan rasa panas pada sariawan ini membuat kita susah makan dan minum. Jika sudah demikian kesehatan tubuh kita bisa terganggu karena kurang asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Maka sebaiknya jika terkena sariawan segera diobati, walaupun secara normal sariawan memang bisa sembuh sendiri dalam waktu 4-6 hari.


Inilah tips mengobati sariawan, untuk mengurangi rasa sakit :
  1. Minum vitamin
    Studi menunjukkan sariawan lebih sering terjadi pada orang yang kurang vitamin B. Vitamin C, zat besi dan asam folat juga berperan dalam mencegah dan penyembuhan sariawan.
  2. Minum yogurt
    Yogurt membantu keseimbangan bakteri di mulut dan tubuh. Hal ini akan mempercepat penyembuhan dan membantu mencegah sariawan. Untuk merasakan hasilnya, pastikan yogurt mengandung acidophilus hidup.
  3. Berkumur dengan obat kumur atau air garam
    Berkumur dengan obat kumur yang mengandung antiseptik atau air garam hangat bisa mengurangi rasa sakit akibat sariawan. Cara bekumurnya harus cepat , yaitu masukan sekitar 5 mliliter obat kumur atau air garam hangat kedalam mulut.Diamkan obat kumur atau air garam tersebut selama 10 menit.
  4. Olesi salep atau cairan khusus
    Olesi sariawan dengan salep atau gel oles khusus sariawan, misalnya lidokain, benzokain. Salep tersebut berfungsi sebagai anastesi lokal untuk meredakan rasa sakit. Cairan khusus, seperti policresolen (albothyl) kosentrat juga bisa di oleskan, karena obat tersebut bersifat hemostatik lokal dan kauter. Namun jangan mengoleskan cairan albothyl pada sariawan yang baru terjadi, karena bisa menyebabkan luka sariawan semakin melebar. Sebaiknya gunakan albothyl pada taraf penyembuhan.
  5. Tempeli daun sirih
    Caranya, lumatkan daun sirih kemudian tempelkan pada sariawan. Daun sirih akan membunuh kuman-kuman yang ada di mulut, sehingga membantu mempercepat kesembuhan sariawan.
  6. Hindari penyebab
    Menghindari penyebab sariawan juga akan mempercepat kesembuhan sariawan. Misalnya, menghindari makanan yang panas dan pedas.