Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Traffic

Your label here

Jenis Penyakit Herpes

Written By fals on 11.2.12 | 22.39

Gejala Dan Jenis Penyakit Herpes - Penyakit herpes sebenarnya merupakan bentuk lain dari penyakit cacar, tapi banyak juga yang menyebut ini sebagai dompo atau cacar ular. Herpes merupakan peradangan kulit yang ditandai oleh bentukan gelembung-gelembung berisi air secara berkelompok. Biasanya menyerang kulit dada atas sampai punggung, rongga mulut, pelupuk mata bagian dalam dan bagian genital.

Jenis penyakit herpes ada 2, yaitu:
  • Herpes zoster


    Herpes ini disebabkan kembali aktifnya virus varicella-zoster yang menyebabkan cacar air. Virus ini tetap bersembunyi dalan tubuh dan bisa aktif lagi jika kondisi tubuh menurun. Penyakit ini umumnya menyerang area dada setinggi jantung sampai kepunggung. Bentuknya melingkar seperti ular dari depan (dada) sampai kebelakang (punggung), karena itu sering disebut cacar ular. Secara umum, seluruh jenis penyakit herpes dapat menular melalui kontak langsung. Namun pada herpes zoster, seperti yang terjadi pada penyakit cacar (chickenpox), proses penularan bisa melalui bersin, batuk, pakaian yang tercemar dan sentuhan ke atas gelembung/lepuh yang pecah.
  • Herpes simpleks


    Herpes ini disebabkan virus herpes simpleks (VHS) yang ditandai dengan munculanya tonjolan kulit berisi cairan dan menyerang area genital. Herpes inilah yang digolongkan sebagai penyakit menular s3ksual, sebab penyakit ini penularanya melalui hubungan s3ksual. Terkadang herpes simpleks bisa menyerang mulut, karena karena penderita melakukan oral s3x.

Gejala Penyakit Herpes
Beberapa gejala yang dirasakan sebelum tonjolan di kulit muncul, yaitu sakit kepala dan merasa tidak enak badan. Selain itu juga terasa nyeri di area tubuh yang terkena herpes disertai demam. Setelah ada gejala-gejala tersebut, kemudian muncul bintil-bintil atau tonjolan-tonjolan kulit berisi cairan. Bintil ini biasanya gatal dan ada hasrat untuk menggaruk. Letak bintil tersebut berdekatan atau berkelompokdan tidak menyebar keseluruh tubuh seperti cacar air.