Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Traffic

Your label here

Manfaat Tanaman Herbal Temulawak

Written By fals on 12.2.12 | 10.01

Temulawak batang pohonnya berbentuk batang semu, daunnya lebar dan pada setiap helai daun dihubungkan dengan pelepah dan tangkai daun yang agak panjang. Bunganya berbentuk unik bergerombol dan berwarna kuning tua, rimapng temulawak sejak lama dikenalsebagai bahan ramuan obat. Aroma dan warna khas dari rimpang temulawak adalah berbau tajam dan daging buahnya berwarna kekuning-kuningan.

Temulawak di Jawa Tengan dikenal sebagai minuman eksotik dengan cita rasa khas. Dengan mencampurkan tanaman bersama gula dan kunyit, lalu diseduh dengan air panas akan menghasilkan rasa tersendiri. Ramuan ini biasanya diberikan kepada anak-anak yang susah makan.

Berikut adalah beberapa manfaat tanaman herbal temulawak :

Beragam penyakit dapat diobati dengan umbi tanaman ini, misal sakit limfa, ginjal, sakit pinggang, asma, sakit kepala, masuk angin, maag, sakit perut, produksi ASI, menambah nafsu makan, sembelit, cacar air, sariawan, rematik, jerawat, bahkan untuk kanker stadium dini serta dipercaya juga sebagai ramuan yang memperlambat proses penuaan, menghilangkan flek hitam wajah dan menjaga kelenturan tubuh.

Penggunaan temulawak pada prinsipnya sama dengan kunyit maupun kencur yaitu diparut. Kecuali untuk sakit ginjal. Satu rimpang temulawak, ditambahkan segenggam daun meniran dengan 4 gelas air, direbus hingga airnya tinggal setengahnya, minum 3 x dalam sehari.